Rabu, 05 September 2012

ASP.NET

" Mari Mengenal Apa Itu ASP.NET "




ASP.net merupakan tekhnologi Microsoft yang dikhususkan untuk pengembangan aplikasi berbasis web dinamis berbasis platform .NET Framework .
.NET Framework itu sendiri adalah satu set kumpulan tekhnologi dari Microsoft yang ditujukan untuk membantu pengembang untu mengembangkan aplikasi secara aman , mudah , efisien dan produktif .
ASP.net dirancang untuk memberikan kemudahan pada pengembang web untuk membuat aplikasi berbasis web dengan cepat , mudah dan efisien karena meminimalkan penulisan kode program dengan bantuan komponen-komponen yang tersedia .

ASP itu singkatan dari Active Server Pages merupakan sebuah bahasa pemrograman berbasis server-side
ASP ada 2 :
  • ASP Clasic
  • ASP.NET
Pada ASP Clasic kita akan mengenal Spaghetti Code yaitu istilah yang digunakan untuk web developer untuk menggambarkan penulisan kode program yang mencampurkan HTML sebagai desain dan ASP sebagai logic programnya #jadi bukan spaghetti masakan italia yg delicious itu yaaa XD
Model Spaghetti Code ini tidak disarankan karena akan menyulitkan proses pengembangan ketika program sudah bertambah kompleks .
Selain itu Bahasa Scripting pada kode ASP Clasic hanya bisa diintepreter , sehingga jika anda membuat program dan mendistribusikan program tersebut ke klien , maka kode program akan selalu nampak karena tidak bisa dikompilasi menjadi dll (dalam bentuk assemblies) , Kode juga harus selalu dicek lagi baris per baris ketika program dijalankan (diintepreter) ini juga berpengaruh pada kerja program .

Sedangkan pada ASP.NET ,disini dilengkapi dengan code behind yang secara otomatis memisahkan antara desain dan kode program tidak seperti spaghetti code tadi , ASP.NET ini juga bukan diintepreter tetapi dikompilasi menjadi assemblies (unit kode kompilasi pada .NET)

ASP.NET yang sekarang berkembang itu ASP.NET 3.5 yang sebenarnya masih menggunakan framework 2.0 dan ditambah dengan fitur baru seperti ASP.NET AJAX dan LINQ

2 komentar:

  1. thanks infonya.. bermanfaat ni buat ane.. mampir juga yuk ke blog saya, saya pernah menulis tentang asp.net dan lainnya..itung2 tuker ilmu :) ini link nya
    http://blog.jaringanhosting.com/index.php/category/nethosting/

    BalasHapus
  2. ini juga baru belajar disekolah kak , juga butuh referensi lain jugaa :D
    saya juga sudah buat web sudah bisa connect database cuma masih statis :D

    kak , mau tanya selain asp.net kakaknya bisa codeigniter gak kak ??
    saya juga sudah berkunjung ke blog kakak :) terimakasih

    BalasHapus

 

Deryan E.M. Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates