Jumat, 18 Juli 2014

NodeJS

Bermain dengan NodeJS



Halo, kali ini saya akan membahas, bermain, sekaligus belajar NodeJS. Nah, pertanyaanya, apa itu NodeJS?

Node.js, inilah nama bahasa pemprograman berbasis javascript yang mampu berjalan disisi server, Kenapa harus JS? karena JS memiliki kehandalan di sisi eventing dan callback. Intinya adalah, dengan hanya coding satu source, bisa menjalankan banyak sekali perintah secara paralel , itu bisa terjadi karena berbasis event dan callback tadi.


Node.js juga sebuah platform yang dibangun di Chrome JavaScript runtime, digunakan  untuk memudahkan dan membangun jaringan aplikasi yang bersekala dan cepat. Node.js menggunakan event-driven, non-blocking I/O model yang membuatnya ringan dan efisien, cocok untuk data-intensif dan aplikasi real-time yang berjalan di perangkat terdistribusi.

Perbedaan terbesar antara PHP dan nodejs adalah bahwa PHP adalah bahasa memblokir, mengandalkan API yang tidak dikembalikan sampai mereka selesai dijalankan, dan node.js adalah bahasa nonblocking, bergantung pada API yang menggunakan peristiwa dan callback ketika mereka selesai dijalankan.

Namun mereka juga memiliki kesamaan. Keduanya menggunakan notasi braket ({}) untuk blok kode, seperti bahasa pemrograman C. Keduanya memiliki kata kunci fungsi, dengan tujuan yang sama persis dan memiliki sintaks yang sama persis di kedua bahasa.

Untuk menjalankan website kita di browsher, apabila kita menggunakan NodeJS maka kita tidak memerlukan Apache, karena itu NodeJS dibuat.

Untuk cara install NodeJS sudah di posting yaa di Hello MontageJS :D


 Ya, namanya juga belajar, berarti yang sederhana dulu, takutnya kalau sudah "complicated" gitu yang ada jadinya "fatal error". Maksudnya gini, sekarang harus bisa menampilkan "Hello World" terlebih dahulu ._.v


First code "Hello World"
Setelah kita sukses menginstall nodeJS mari kita mencoba node interface dengan mengetik $ node pada terminal anda.
biasanya yang udah bisa javascript pasti langsung was wus wes srepet gitu :))

Sebagai contohnya kita bisa gunakan printah

 
> console.log("Hello World")

perintah tersebut bertujuan untuk mengirim output ke logging console apa string yang telah di buat.

Menulis program node.js yang sederhana seperti membuat file baru dengan ekstensi 'Js'. Misalnya, buat file sederhana 'hello_world.js' dengan konten berikut:

console.log ('Hello World');

Setelah itu simpan file, dan jalankan dari terminal seperti:

Hello.js $ node
Hello World
 

Server hello world http

Setelah itu, mari ke langkah berikutnya dan menulis sebuah program yang merespon hello world via http Kita akan memanggil file 'hello_http.js' dan menempatkan kode berikut ke dalamnya:

var http = require ('http');

var Server = http.createServer (function (req, res) {
   res.writeHead (200);
   res.end ('Hello Http');
});
server.listen (8080);

Sekarang mari kita menjalankan program ini dari terminal dengan mengetik:

Hello_http.js $ node

Hal pertama yang akan Anda perhatikan adalah bahwa program ini, tidak seperti yang pertama, itu karena program simpul akan selalu berjalan sampai kita yakin bahwa tidak ada kejadian lagi yang mungkin. Dalam hal ini server http terbuka adalah sumber peristiwa yang akan menjaga hal-hal yang terjadi.

Pengujian server yang sederhana seperti membuka tab browser baru, dan navigasi ke url berikut: http: // localhost: 8080 /. Seperti yang diharapkan, Anda akan melihat respon yang berbunyi: 'Hello Http'.

Atau, Anda juga bisa membuka terminal baru dan menggunakan curl untuk menguji server Anda:

$ Keriting localhost: 8080
Hello Http

Sekarang kita lihat lebih detail pada langkah-langkah yang terlibat dalam program yang dijalankan ini. Pada baris pertama, disertakan modul inti http dan menetapkan ke variabel yang disebut http. Selanjutnya kita membuat sebuah variabel yang disebut server dengan memanggil http.createServer. Argumen dilewatkan ke panggilan ini adalah penutupan yang disebut setiap kali permintaan http datang.

Akhirnya kita sebut server.listen (8080) mengatakan node.js port yang kita ingin server untuk menjalankan. Jika ingin berjalan di port 80, program perlu dijalankan sebagai root.

Sekarang ketika kita arahkan browser ke 'localhost: 8080', penutupan koneksi dipanggil dengan req dan objek res. Req adalah aliran dibaca yang memancarkan acara 'data' untuk setiap bagian yang masuk data (seperti pengiriman formulir atau file upload). Obyek res adalah aliran ditulis yang digunakan untuk mengirim data kembali ke klien. Dalam kasus ini, hanya mengirimkan 200 OK header, serta tubuh Hello Http '.
 



Sementara sekian dulu yaa, ditunggu tulisan pembelajaran berikutnya ('.')9

0 komentar:

Posting Komentar

 

Deryan E.M. Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates